Wajib Menggunakan CCTV di Public Area

Polda Metro Jaya akan memanggil para pengelola gedung perihal kesiapan mereka untuk memenuhi kewajiban pemasangan kamera keamanan, CCTV.

“Kami akan berikan solusi atau masukan bagaimana cara memasang dan penggunaannya,” kata Kepala Polda Metro Jaya Inspektur Jenderal Firman Gani seusai upacara HUT Polda Metro Jaya ke-56 di Polda, Jakarta, Selasa (6/12).

Menurut Firman, kepolisian juga akan bekerjasama dengan pemerintah daerah dalam mengatur pemasangan CCTV di stasiun-stasiun kereta api dan bandara. Kewajiban pemasangan CCTV tak hanya mengantisipasi ancaman terorisme tapi untuk mengatasi kejahatan umum lainnya.

Menurut juru bicara Polda Metro Komisaris Besar I Ketut Untung Yoga Ana, polisi memberikan beberapa waktu untuk sosialisasi kewajiban ini. “Perlu waktu sosialisasi tak langsung dikenakan sanksi,” ujarnya.

Seusai dengan peraturan Polda Metro Jaya No. 02 tahun 2005, gedung yang menjadi keramaian dan obyek vital diwajibkan memasang CCTV. Di antaranya, hotel, apartemen, mal, pusat perbelanjaan, gedung perkantoran, dan gedung pertemuan.

Dia mempertanyakan apabila pengelola gedung keberatan dengan kewajiban ini. “Masa untuk menyediakan alat ini keberatan, sementara dana besar habis untuk bangun gedung,” ujarnya.

Dalam peraturan diatur juga pemilik dan pengelola gedung wajib menyerahkan hasil CCTV apabila diperlukan dalam rangka penyelidikan dan penyidikan.

 

This entry was posted on Jumat, Agustus 1st, 2008at 08:45 and is filed under CCTV, Umum. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response or trackback from your own site.

 

No Responses to “Wajib Menggunakan CCTV di Public Area”

 

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.